Street Fighter Legend

Kamis, 04 Desember 2008 | | |

Sejarah

Pada tahun 1993,pabrik motor Honda menelurkan motor sport berkapasitas besar.Motor ini didesign sangat maskulin,bertenaga dan nyaman.Awal kemunculan motor ini telah mencuri perhatian masyarakat Indonesia.Karena pada tahun itu,Yamaha,Suzuki,Kawasaki masih sibuk dengan motor bebek berteknologi 2 tak.Nama yang digunakan oleh Honda sangatlah fenomenal,yaitu Tiger




Honda Tiger pada masa itu telah menggunakan mesin 4 tak.Dan memang pada dasarnya Honda telah pertama kali menggunakan teknologi 4 tak,sehingga motor sport ini juga mengaplikasikan mesin 4 tak.Namun yang membuat sosok Tiger yang fenomenal adalah kapasitas mesin.Kapasitas mesin yang pasang tak tanggung-tanggung,yaitu 200cc.Sungguh angka yang fantastis untuk tahun 1993.Karena pada tahun itu pabrik motor Jepang lainnya masih bermain dengan mesin dengan kapasitas dibawah 100cc.

Nama Tiger sendiri mengandung filosofi yang dalam.Honda berharap motor ini dapat menjadi leader atau trendsetter di kelasnya.Tiger mengandung makna kuat,tangguh dan garang.Nama ini sangatlah pantas untuk kapasitas mesin yang memang begitu garang.Bukan hanya dari segi mesin saja terlihat garang,namun juga terlihat body motor ini.Sangat mencerminkan motor laki-laki sesungguhnya.Walaupun pada tahun tersebut Honda Tiger masih belum memiliki striping yang melekat pada tubuh maskulinnya.

Sekitar tahun 2003,si “Macan” mulai mengalami evolusi besar-besaran.Perubahan itu tampak dari body yang terdapat striping yang melekat pada tubuh motor sport ini.Ditambah lagi penambahan aero fin (sirip udara) yang bercokol di tangki bahan bakar.Penambahan ini membuat efek lebih maskulin lagi dari pada sebelumnya.Dari segi headlamp dan lampu belakang juga diubah.Headlamp yang dulu berbentuk lingkaran kecil sekarang menjadi lebih besar.Dan lampu belakang yang dulu hanya berbentuk persegi kecil sekarang diubah menjadi lebih besar dan transparan(kristal) dengan 2 bohlamp.Tahun 1993 memang jarang motor yang menggunakan velg castwheel karena memang masih belum tersedia di Indonesia.Namun untuk Tiger baru ini terdapat 2 pilihan,spoke wheel (velg ruji) dan cast wheel (velg racing).

Evolusi Tiger juga tak sampai itu saja.Tahun 2007 Tiger berevolusi menjadi motor yang lebih garang.Perubahan yang dilakukan yaitu dari bentuk aero fin menjadi benar-benar berbentuk sirip dan terkesan lebih macho.Headlamp yang dulu tidak bermahkota sekarang telah menggunakan mahkota berbentuk deck hitam.Garis body/stripping yang dulu terkesan jadul sekarang bermotif tribal,sehingga menambah kesan sporty.Model velg yang digunakan adalah model palang 3,seperti yang digunakan motor-motor sport diluar negeri.Backlamp berukuran besar dengan bentuk meruncing ke belakang telah terpasang pada tubuh Tiger 2007 ini.Untuk safety,Honda telah melengkapi motor ini dengan double disc brake (rear and front).

Di usia 15 tahun ini reputasi Tiger sangatlah gemilang.Tahun 2008 ini penjualan Tiger telah mencapai 320.000 unit.Angka ini membuat Tiger menjadi leader di kelas motor >200cc.Sangat jauh dari pesaingnya seperti Yamaha Scorpio dan Suzuki Thunder 250 yang faktanya kapasitas motor ini sangatlah besar dibanding Tiger.Tapi memang legenda tetaplah legenda hingga akhir masa.Di usia 15 ini Honda telah membuat “baju” baru bagi Si “Macan”.Honda Tiger mengalami facelift yang tidak jauh dari Tiger 2007.Perubahan itu terlihat dari headlamp.Headlamp yang digunakan sangat unik,yaitu dengan 2 headlamp yang digabung menjadi satu.Headlamp yang berbentuk lingkaran dengan headlamp berbentuk asymmetric.Aero fin Tiger 2008 ini tidak jauh beda dengan Tiger 2007.Bentuk stoplight/backlamp hampir sama namun yang membedakan hanya tidak menggunakan bohlamp,melainkan menggunakan LED(Light Elektro Dioede).Motor ini sudah diluncurkan pada tanggal 5 November 2008 lalu.Harga yang ditawarkan yaitu Rp.24.000.000 (On the road Jakarta).



Pendapat Penulis

Saya acungi jempol untuk Honda,karena dari tahun ke tahun,Honda Tiger telah menjadi leader motor sport di Tanah Air.Walaupun harga yang ditawarkan lebih dari 20 juta namun konsumen tetap mau memiliki “Macan Garang” ini.Namun andai saja motor ini dibanderol dengan harga 20 jutaan mungkin makin laris manis seperti gorengan.Mungkin yang membuat harga melambung tinggi yaitu dari mesin.Meskipun mesin yang digunakan OHC tapi tetap saja kapasitas pistonnya besar.Oh iya sebenarnya Tiger tidak pantas dijuluki motor sport,karena motor apabila dikatakan motor sport jika menggunakan fairing.,dengan posisi kemudi sedikit membungkuk dan menggunakan liquid cooled.Untuk Tiger lebih pantas masuk kelas Street Fighter bike ato sport nude bike.Untuk Tiger 2008 menurutku lebih bagus headlamp bulatnya dihilangkan dan menjadi twin asymmetric headlamp saja,karena desain headlamp asymmetric di Indonesia masih belum ada,dan sangat pantas untuk Tiger karena mencerminkan Street fighter bike.Tapi sangat sayang banget teknologi mesinnya masih persis dengan tahun 1993 tapi mungkin hanya berbeda rasio gear.Coba kalo udah pake DOHC,hmmmh!!!mungkin jadi pesaing Ninja 250.


Spesifikasi Honda Tiger 2008

Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak sumbu roda : 1327 mm
Jarak terendah ke tanah : 155 mm
Berat kosong : 138 kg
Tipe rangka : Pola Berlian
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Ukuran ban depan : 2,75 - 18 42L
Ukuran ban belakang : 100/90 - 18 M/C - 56P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah : 196,9 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi transmsi : 6 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Elektrik Starter & Kick Starter
Aki : 12 V - 7 Ah
Busi : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
Sistem pengapian : CDI-AC, Magneto

0 komentar: