Yamaha Tiara S yang "tiarap

Jumat, 29 Agustus 2008 | | |


Suatu hari aku berspeda ria ke arah pedesaan.Ketika asyik menikmati pemandangan alam,aku mendengar deru mesin motor 2 tak.Sempat terbesit olehku bahwa motor ini adalah Yamaha RX-King karena deru mesinnya sangat khas.Lalu motor itu mendekat dan melewatiku.Alangkah terkejutnya ternyata dugaanku salah.Motor itu bukanlah Yamaha Rx-King,namun sejenis Suzuki RK Cool yang berlabel Yamaha.Yang aku ketahui Yamaha tidak pernah menelurkan motor jenis ayago (ayam jago).



Hingga aku dewasa kini akhirnya aku mulai pencarianku tentang motor tersebut.Sampai akhirnya aku mendapat artikel dari situs Google yang aku sendiri lupa judul artikel itu.Dalam artikel itu menjelaskan bahwa sebelum tahun 2000 Yamaha pernah mengimpor motor jenis Ayago ke Indonesia.Motor tersebut diberi nama Yamaha Tiara S.Kuda besi ini berkapasitas mesin yang luamayan besar pada tahun itu,yaitu 120cc.Dengan dibekali 6 percepatan.Pada zaman itu hanya Yamaha Tiara saja yang mempunyai percepatan layaknya motor sport.Untuk pengereman motor ini sudah dilengkapi 2 discbrake.Sayangnya,mesin yang di usung masih teknologi 2 tak yang sama dengan kakaknya RX-King.Supaya mengimbangi konsumsi bahan bakar motor ini di lengkapi tangki bahan bakar sebanyak 6,5 liter.

MESIN
Tipe Mesin 2 langkah berpendingin udara
Diameter x Langkah 54 x 52 mm
Kopling Manual, basah, multiplat
Gigi transmisi 6 kecepatan
Pola pergantian gigi 1-N-2-3-4-5-6
Karburator VM 20 SS
Baterai GM3-3B/12V 3 AH
Busi BP. 8 ES (NGK) / W. 24 EP-U (ND)
Volume silinder 119 cm
Perbandingan kompresi 6,7 : 1
Susunan silinder Satu silinder, tegak
Sistem Starter Kick Starter
Sistem Pelumasan Autolube
Kapasitas Minyak Pelumas 1,3 liter
Bahan Bakar Premium S
Berat kosong 95 kg
Tipe rangka Pipa baja
Kapasitas tangki 6,5 liter
Jarak sumbu roda 1.230 mm
Jarak terendah ke tanah 130 mm
Roda depan dan belakang Casting wheel SI/BAN
Suspensi depan Full telescopic
Suspensi belakang Monocross
Ukuran ban belakang 2.50.17.4PR
Ukuran ban depan 2.25.17.4PR ORMA
Dimensi P x L x T 1.865 x 614 x 976
Daya maksimum 16.5 PS/7500 rpm
Torsi maksimum 1,52 kgf cm/7000 rpm
Sistem Pengapian AC - CDI TEM PENGEREMAN
Rem depan Cakram beralur double piston
Rem belakang Cakram beralur double piston

Hal yang membuat motor ini “tiarap” adalah teknologi mesin yang masih menggunakan 2 tak.Dan juga motor ini masig diimpor dari Malaysia sehingga harganya pun jauh diatas motor yang ada pada masa itu,yaitu Rp.24.350.000.
Namun satu hal yang membuat pikiran special untuk motor ini adalah akselarasi yang dihasilkan dari mesin 2 tak itu dari 0-100 km/h membutuhkan waktu 7,5 detik.


0 komentar: