YZF-R15 VS V-IXION

Rabu, 03 September 2008 | | |

Waduh!!!sesama pabrik Yamaha kok berantem???Ya!!para pembaca sekalian,pasti anda bingung kenapa produk Yamaha ini saling “berantem”??Sebenarnya begini,mereka berdua adalah produk kembar,kok bias??Tapi dilihat dari nama saja sudah berbeda,kenapa kembar??? :z :z :d :d :r





Yamaha V-Ixion merupakan motor sport yang dikeluarkan oleh Yamaha Indonesia.Sementara Yamaha YZF-R15 siapa yang ngluarin??Ternyata setelah dicari-cari pabrik yang mengeluarkan motor ini adalah Yamaha yang berada di negara India.Gila!!!India kan Negara berkembang yang mayoritas orang-orangnya bermuka gitu deh!!(Bagi ras India jangan tersinggung).
Pada tanggal 12 Juli lalu Yamaha India resmi mengeluarkan produk Yamaha YZF-R15.WOW!!!menyandang nama YZF-R!!!!Selama ini para rider sudah mengenal produk Yamaha YZF-R1,YZF-R6 yang dipasarkan di Negara maju di benua Eropa.Otomatis motor yang menyandang nama YZF-R berarti motor yang khusus diciptakan untuk penggemar memacu adrenalin.Namun motor ini merupakan motor sport bermesin kecil.Ya itung-itung buat belajar balap lah!.
Lalu apa hubungannya dengan V-Ixion??hubungannya ternyata YZF-R15 memiliki spesifikasi yang sama dengan V-Ixion.Dari segi chassis,mesin,lampu belakang,tangki bahan bakar sangat mirip/sama dengan V-Ixion.Hanya saja yang berbeda pada penambahan fairing,double disc brake,bentuk knalpot,penggunaan 6speed gear,dan grafisnya.YZF-R15 sekilas mirip dengan abangnya yaitu YZF-R1 yang dipasarkan di Eropa.Kemiripan itu terlihat dari bentuk fairing.Sebenarnya YZF ini belum bisa dikatakan sport bike,karena posisi setang kemudi masih tinggi,berbeda dari sepupunya di Eropa yang bermesin 125cc (kecil sekali!) yaitu YZF-R125 yang memaksa pengemudinya untuk membungkuk.Mungkin di India penggunaan motor hampir sperti di Indonesia,sebagai transportasi sehari-hari.Jadi posisi setang sedikit ditinggikan daripada YZF-R125.Selain itu seat yang digunakan sama dengan V-Ixion yaitu Tandem seat (Tempat duduk penumpang yang menyatu).
Seperti yang dijelaskan di atas,bahwa spesifikasi mesin sama dengan V- Ixion,otomatis beberapa part yang juga di cangkok dari super sport bike(YZF-R6) dan super bike(YZF-R1) juga terpasang di motor ini.Beberapa part yaitu DiASil cylinder yang merupakan teknologi tingkat dunia Yamaha yang paten dalam hal die cast. Fakta bahwa silinder dan piston R15 terbuat dari bahan alumunium adalah alasan utama, mengapa mesin R15 memiliki daya lepas panas yang baik sehingga meminimalisasi terjadinya efek “POWER LOSS” dan mesinpun dapat mengkonsumsi bahan bakar dengan efesien. Bahkan permukaan Silinder DiASil dapat mencegah penguapan Oli sehingga meningkatkan efesiensi penggunaan Oli.Selain itu ada juga teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) sebagai pengganti karburator.
Berikut spesifikasi YZF-R15

ENGINE

Engine type : Liquid-cooled,4stroke,SOHC,4 valve
Cylinder arrangement : Single cylinder
Displacement : 149,8 cc
Compression ratio : 10,4:1
Maximum power : 17ps/8.500 rpm
Maximum torque : 15 N.m/7.500 rpm
Starting system : electric starte
Lubrication : wet sump
Engine oil capacity : 1.0 liter
Fuel tank capacity : 12 liter
Fuel supply system : electronic fuel injection
Ignition system : T.C.I
Clutch type : constant-mesh wet multi-plate
Transmission : return type 6 speed

CHASSIS

Frame type : Delta Box frame
Caster/trail : 26¬¬¬¬¬¬¬0 ¬/1000 mm
Tire size (front/rear) : 80/90-17 / 100/80-17
Brake type : hydraulic,single disc (front/rear)
Suspension type (Front /rear) : Telescopic/ linked type mono cross

DIMENSIONS

Overall length x width x height : 1,995 mm x 670 mm x 1,070 mm
Seat height : 790 mm
Wheelbase : 1,290 mm
Minimum ground clearance : 160 mm
Dry weight : 120kg




Pendapat penulis
Sayangnya motor ini tidak secepat namanya.Motor ini hanya bisa digeber hingga kecepatan 140km/h.Itu dikarenakan mesin yang diusung masih berteknologi SOHC.Coba DOHC,Satria 150FU lewat aja.Ditambah lagi terdapat program limiter yang membatasi power serta kecepatan motor YZF ini.Faktor injeksi juga bepengaruh,aku pernah membaca artikel V-Ixion yang telah menggunakan karburator bisa digeber mencapai 175km/h di sirkuit Sentul.WOW!!Thats real sport bike!!
Dari segi penampilan ok punya,apalagi fairing yang digunakan hampir mirip dengan YZF-R1.Tapi kenapa ya motor ini diciptakan di India,coba di Indonesia pasti rame (rame penampilannya juga rame harganya!!)
:z :d :r

0 komentar: