Facelift Ayam Jago Suzuki

Rabu, 22 Oktober 2008 | | |


Beberapa bulan yang lalu aku sempat membaca artikel.Artikel tersebut berisi bahwa Suzuki bakal merombak (Facelift) Satria Fu 150.Menurut sepengetahuanku,model Satria FU 150 sekarang sudah cukup oke.Tapi untuk model yang baru ini apa sajakah yang dirombak oleh Suzuki??

:z :z :r






Sejarah Satria FU 150
Sejak kemunculan motor spesies ayago(ayam jago) para pemuda di Indonesia merasa mendapat ‘mainan’ yang baru.Karena sebelum Suzuki,Honda telah menciptakan Nova Sonic 125 yang berjenis ayago.Karena Nova Sonic masih import dari Thailand maka harganya pun sangat mahal,sehingga animo (minat) masyarakat terhadap motor ayago masih lemah.Lalu beberapa tahun kemarin,Suzuki juga menciptakan motor jenis ayago.Namun harga motor ini sangat jauh lebih murah dari Nova Sonic walaupun sama-sama import dari negeri yang sama.Sehingga masyarakat Indonesia pun mulai melirik motor ini.Pada masa itu masyarakat masih awam dengan teknologi DOHC (Double OverHead Camshaft).Padahal dulu Suzuki telah menciptakan FXR 150 yang berbasis mesin DOHC.Tapi sekali lagi harga motor ini sangat lah mahal (karena harus Import).

Untuk awal kemunculan Satria FU 150 memang masih tidak terlalu nampak di jalan raya Indonesia.Lalu Suzuki Indonesia memutuskan untuk tidak mengekspor lagi motor ini.Melainkan inginkan memproduksi langsung di Indonesia,namun untuk masalah mesin masih impor.Sehingga harga yang diberikan menjadi Rp. 16.600.000,00.Setelah Suzuki melakukan hal tersebut masyarakat lebih tertarik lagi terhadap motor replica Suzuki Hayabusa K1 ini.Yang berimbas angka penjualan Satria FU 150 naik drastis. :z :z

Keperkasaan Satria FU 150

Sepintas motor ini terlihat kecil dan ringan.Namun untuk masalah mesin motor ini tak tanggung-tanggung menggunakan teknologi DOHC.Teknologi DOHC ini banyak diterapkan pada motor berkapasitas besar,seperti Suzuki GSXR 600.Teknologi DOHC ini dapat menghasilkan tenaga besar pada torsi tinggi,sehingga untuk akselarasi sangatlah cepat.Apalagi kapasitas mesin Satria FU sudah tergolong besar,sehingga menambah keperkasaan motor ini. :t :t

Facelift Satria FU 150 pada 2009

2009???katanya sih facelift ini dilakukan pada tahun 2009.Tapi banyak-banyaklah berharap segera dilakukan pada tahun ini. Terlihat Suzuki Satria FU telah melakukan Facelift. Dimana Suzuki melakukan perubahan pada beberapa sektor. Antara lain windshield, Dashboard dan knalpot serta mengganti warna blok mesin-kopling dengan warna kuning. doff / Flat Gold Tujuanya tidak lain, yaitu memperkuat siluet mesin yang memang berukuran lumayan besar. Lampu depan terlihat sepereti yang ada pada Kawasaki Athlete. Tetapi sebenarnya model tersebut adalah meniru milik Suzuki GSX-R 600/750 K8. Ingat FU sekarang memiliki batok lampu yang mirip dengan Hayabusa K1. Sedangkan warna flat gold pada mesim membuat kesan dominan mesin di antara sasis. Untuk masalah harga desas-desusnya juga tidak ikut facelift.


0 komentar: